/
/
Bagaimana Saya Mendapatkan Jobs Freelance dan Gajian dari Upwork
Posted 5 years ago • 3745 Dibaca

Bagaimana Saya Mendapatkan Jobs Freelance dan Gajian dari Upwork

Upwork adalah sebuah platform gratis yang memungkinkan para pencari kerja freelancer dan para pemilik usaha untuk memasangkan info lowongan kerja freelancenya disana. Upwork 100% gratis..

Mulai Menggunakan Upwork

Langkah pertama adalah tentu registrasi,  buka saja https://upwork.com dan pilih menu sign up. Seperti biasa isi data di form yang telah tersedia sesuai dengan data kamu yang sesungguhnya, karena tahap ini sama dengan tahap registrasi di platform-platform lainnya maka langsung saya lewati saja.

Membuat Portofolio

Portofolio ini sangatlah penting, karena dengan ini pihak Upwork akan tahu karya-karya apa yang telah kamu kerjakan dan kategori pekerjaan apa yang ingin kamu cari. Untuk melakukannya, silahkan buka halaman profil kamu dengan cara klik "view profile" yang ada di sidebar kanan.

Nah dihalaman ini profil kamu bisa dilihat oleh freelancer lain dan pencari freelancer. Beberapa hal yang diisikan antara lain, nama lengkap asli, keterangan lengkap tentang spesialifikasi kamu, portofolio (lebih bagus jika dilengkapi dengan cerita singkat, screenshoot dan link yang mendukung), bayar per jam (dalam USD) dan skills. 

Untuk bagian skills pastikan sesuai dengan kemampuan kamu,karena list yang akan tampil di feed adalah sesuai dengan skills yang telah kamu pulih, kurang lebih cara kerjanya seperti ketika kamu akses tweet berdasarkan hashtag.

Setelah selesai silahkan disubmit dan tunggu keputusan dari tim Upwork apakah akan menerima portofolio kamu.

Mulai Cari Pekerjaan

Tahapan ini bisa mulai kamu lakukan jika portofolio yang kamu kirim diatas telah diterima oleh Upwork, untuk keputusan ini bisa kamu baca diemail, paling cepat sekitar 1 hari dan bisa sampai berhari-hari tapi tidak sampai seminggu.

Setelah diterima oleh pihak Upwork, barulah kamu bisa berburu kerjaan di feed, daftar lowonga di feed seharusnya sudah sesuai dengan skills yang kamu isikan di halaman profil kamu. Sebagai contoh pada gambar diatas, list feed sesuai dengan daftar skills yang bisa dilihat di sidebar kiri.

Untuk selanjutnya silahkan buka satu persatu daftar lowongan yang tersedia. Biasanya lowongan yang tersedia di upwork adalah kerjaan freelance jangka cepat (tidak jarang ada yang longterm) dan pemasang langsung to the point ingin mencari pekerja yang bagaimana dan apa yang akan dikerjakannya.

Mengirimkan Proposal dan Jangan Apply Membabi Buta

Anggap saja dari pencarian diatas sudah ketemu satu lowongan yang sesuai.  Kami ambil contoh pekerjaan di bawah ini. Setiap bulannya kita dikasih 60 connects (semacam mata uang di Upwork), tiap kita apply pekerjaan maka senilai 2 connects dan bisa lebih tergantung permintaan client, jadi di hemat ya.

Agar kemungkinan diterima semakin besar, usahakan menjadi 1-5 orang pertama yang apply proposal.

Disana sudah tertulis dengan jelas devstack yang harus dikuasai. Agar proposal kalian diterima, tulis saja kata-kata manis yang menceritakan telah berpengalaman dengan devstack diatas dan jika masih muat tulis contoh karyanya.

Proposal Approval dan Dialog

Bisa dibilang ini adalah tahap yang mengesalkan, karena harus menunggu proposal apakah diterima atau ditolak. Jika proposal kalian ditolak, terpak kalian kembali ke step diatas untuk kembali mengecek feed yang sesuai dengan skill dan ketentuan lainnya.

Proposal diterima, yups disini kamu bisa langsung chat menggunakan fitur Upwork, biasanya akan ada tes tambah dari pihak client (sebut pemasang lowongan pekerjaan), sebagian besar test dilakukan di luar, ada banyak macamnya dan tidak bisa saya jelaskan disini. Setelah lolos tes, biasanya client langsung memberikan jobs yang harus kamu kerjakan, bahkan beberapa juga share akun devtool yang lain seperti Trello, Slack, Skype dan lain sebagainya.

Menerima Gaji

Setelah pekerjaan beres dan advertiser puas, saatnya kamu menerima gaji sesuai dengan ketentuan di kerjaan yang kamu pilih. Saya sarankan jangan cepat-cepat melakukan withdraw, mari kerjan job lain terlebih dahulu dan kumpulkan saldo sebanyak-banyaknya.

Jika dirasa sudah cukup, kamu dapat melakukan withdraw secara manual semisal 1 minggu sekali, sebulan sekali 4 bulan sekali dan lain sebagainya. Gampang lagi dibuat otomatis, misal diset setiap USD 100 atau USD 1000 maka otomatis dicairkan langsung ke Bank Lokal tiap saldo mencapai angka tersebut. Perlu kamu ketahui, setiap withdraw atau penarikan yang kamu lakukan, akan ada potongan $0.99 dari Upwork setiap kali transaksi (berlaku ketika tulisan ini dibuat) dan juga biaya yang di bebankan oleh bank lokal.

MauCoding © 2024 powered by YMG Team