/
/
Debugging Web di Google Chrome versi Mobile (Android / iOS)
Posted 5 years ago • 2143 Dibaca

Debugging Web di Google Chrome versi Mobile (Android / iOS)

Fitur - fitur di dev tools Google Chrome sangat komplit sekali dan banyak mendapatkan pujian dari para web engineer. Salah satunya adalah debuging untuk Google Chrome versi mobile yang diinstal di smartphone. Untuk bisa melakukan debugging adalah menggunakan desktop untuk remote smartphone yang telah terkoneksi, berikut langkah-langkahnya.

 

Pastikan debug Mode di Smartphone sudah Aktif

Untuk smartphone yang digunakan di konten ini adalah Android dengan merek Sony Xperia XA2, untuk penggunakan iOS seharusnya langkahnya tidak berbeda. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah aktiftasi debug mode / developer mode untuk smartphone yang digunakan. Langkahnya bisa berbeda-beda sesuai dengan seri dan merek smartphone masing-masing. Untuk tahu langkah detailnya, silahkan googling dengan keyword "activate developer mode <merek> <seri smartphone>". Untuk Android biasanya ada di settings -> system -> about -> build number (tap berulang-ulang, hingga ada pesan kamu telah di developer mode).

Setelah aktif silahkan koneksi ke desktop menggunakan kabel data.

 

Memulai Debugging

Pertama silahkan buka Google Chrome versi desktop, untuk kemudian masuk ke menu dev tools. Kamu bisa masuk ke dev tools dengan cara klik kanan -> inspect, atau dengan shortcut "command + alt + i atau ctrl + alt + i". Lanjutkan pilih more -> more tools -> remote devices.

Di halaman atas kamu bisa melihat devices yang terlah terkoneksi dengan desktop, indikator berwarna hijau menggambarkan bahwa device tersebut siap untuk dieksekusi. Klik pada device yang ingin dilakukan debugging (pastikan indikator hijau sudah menyala).

Disini kamu bisa mengetahui tab apa saja yang telah dibuka di smartphone, dan bahkan kamu juka bisa membuka url lainnya di tab baru. Klik pada tombol inspect di sebelah kanan untuk membuka dev tool.

Disinilah kamu mendapatkan akses dev tool sama seperti di desktop version. Semua event klik scroll yang dilakukan disini akan dilakukan pula di smartphone. Keren bukan, okse selamat bereksperimen ya.

MauCoding © 2024 powered by YMG Team