/
/
Menggabungkan Beberapa Git Commit Menjadi Satu: Case1
Posted 3 years ago • 1499 Dibaca

Menggabungkan Beberapa Git Commit Menjadi Satu: Case1

Ada kalanya ketika pull request, atau hanya sekedar melihat commit log, ada commitan yang sangat mengganggu, contohnya ada commit yang changesnya hanya beberapa karakter di file yang sama dan commitnya lebih dari satu, bisa karena typo salah wording salah style dan lain sebagainya. Berikut adalah solusi untuk menggabungkan commit tersebut agar menjadi satu commit, tentu tujuannya agar lebih rapi. Untuk kasus 1 ini adalah menggabungkan beberapa commit menjadi 1, dari commit paling atas hingga commit dibawahnya sesuai target.

Kasus 1: Menggabungkan Commit Yang Sudah Ada dari Commit Terbaru

Tujuannya adalah untuk menggabungkan commit terbaru, untuk digabungkan ke commit-commit dibawahnya, bebas sampai commit yang mana.

Kasus pertama adalah developer sudah terlanjut banyak membuat commit, tidak ada perubahan lagi, dan ingin menggabungkan commit - commit tersebut menjadi satu.

Dalam kasus diatas, commit yang ingin digabung adalah : 

  • change code: change 1
  • change code: change 2
  • change code: change 3

Ingin digabung menjadi satu commit dengan commit message "change code: changes" .

Step pertama adalah melakuan reset soft ke commit paling bawah, dalam kasus diatas adalah "change code: change 1" dengan commit id 406f028

-- git reset --soft <commit id>
git reset --soft 406f028

Setelah reset soft kita akan mendapatkan changes baru, dengan command "git status". Jika cek dengan git diff, didapatkan perubahan sebagai berikut.

Changesnya adalah gabung dari semua changes di 3 commit teratas, nah sisanya tinggal git add --all dan commit saja, khusus untuk commitnya pastika dengan commit ammend ya ,seperti dibawah.

git add . && git commit --amend

Nah disinilah kita bisa bebas mengubah commit message, sesuai target diatas kita ubah menjadi "change code: changes".

Dan kita cek di git log, maka commit telah menjadi satu dan lebih rapi, tinggal kita push aja deh.

Case 2 merge commit dengan squash commit bisa di baca di https://maucoding.com/post/Menggabungkan-Beberapa-Commit-Menjadi-Satu-Dengan-Squash-Commit:-Case-2-5fab276dac34615b0f6fe3db

MauCoding © 2024 powered by YMG Team